Telah Terbit “AIR MATA DI PUCUK DAUN” Antologi Puisi Alexander Aur

2
300

Floressastra.com-PUISI  mencerminkan  dimensi  ketakterdugaan (unpredictable) diri manusia. Lewat puisi, kita bisa membaca sisisisi  terdalam  diri  manusia  dan  dunianya  yang  tak  terbaca  oleh ilmu pengetahuan, teknologi, dan bahkan filsafat. Puisi mampu mengangkat ke permukaan hal-hal dalam diri manusia yang kerap kali  muncul  sebagai  kejutan.

Membaca  puisi  berarti  membaca manusia  dan  dunianya.  Saat  membaca  puisi,  kita  tidak  sedang membaca  maksud-maksud  penyair,  melainkan  kita  sedang berusaha  menemukan  sesuatu  yang  disampaikan  oleh  syair atau bahasa puisi. Dalam puisi, bahasalah yang menyampaikan sesuatu, bukan penyair menyampaikan sesuatu melalui bahasa. Sesuatu  yang  disampaikan  oleh  bahasa  itu  bukanlah  sesuatu yang  tak  ada  di  dunia  ini.

Sebaliknya  sesuatu   yang  dimaksud adalah sisi-sisi terdalam diri manusia dan dunianya. Ketika  penerbit  meminta  pengarang  menuliskan kata  pengantar  untuk  bukunya  ini,  ia  menolak  dan  hanya menyampaikan pesan ini, “Biarkan pengarang “mati” saat puisi-puisi  dalam  buku  ini  jatuh  ke  tanganmu.

Engkau  tidak  perlu bersusah  payah  mencari  dan  menemukan  maksud  pengarang dalam  puisi-puisinya.  Yang  perlu  engkau  lakukan  adalah membaca  dan  berilah  kesempatan  kepada  puisi-puisi  dalam buku ini untuk berbicara tentang sesuatu kepadamu.”Berpijak pada refleksi di atas, antologi puisi “Air Mata di Pucuk  Daun” ini  diterbitkan (Catatan Penerbit).


Harga: Rp. 35.000
Informasi lebih lanjut hubungi: Paskal Bataona


Judul:
Air Mata di Pucuk Daun
Gendre:
Sastra-Puisi
Penulis:
Alexander Aur Apelaby
Jumlah Halaman:
101 halaman
Penerbit
@ Penerbit Kandil Semesta, 2016

Publication2w

Alexander Aur – nama pena Alexander Aur Apelaby – lahir di Wailolong, Omesuri, Kedang,  Lembata, Nusa Tenggara Timur tahun 1973. Menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Wailolong, melanjutkan ke pendidikan menengah pertama di SMP Negeri Lewoleba selama satu tahun, lalu pindah ke SMP Negeri Omesuri di Balauring. Menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Lewoleba jurusan Bahasa dan Budaya. Merantau ke Jakarta tahun 1991 dan bekerja sebagai petugas keamanan pabrik, tukang cuci piring di rumah makan, dan office boy pada kantor swasta. Melanjutkan pendidikan ke Seminari St. Paulus Palembang tahun 1995-1997. Sempat mengenyam pendidikan rohani pada Seminari Tinggi Serikat Xaverian di Bintaro dan Cempaka Putih, sambil mengikuti kuliah di STF Driyarkara, Jakarta. Setelah mengundurkan diri dari Serikat Xaverian dan lulus kuliah, ia bekerja pada JPIC-OFM Indonesia selama beberapa tahun, selanjutnya bekerja sebagai wartawan Majalah Mingguan HIDUP sampai tahun 2009.

Tahun 2010 melanjutkan pendidikan pascasarjana di STF Driyarkara dan lulus tiga tahun kemudian. Sekarang bekerja sebagai dosen filsafat pada School of Philosophy and Divinity dan Fakultas Liberal Arts Universitas Pelita Harapan. Mengajar juga mata kuliah ilmu-ilmu humaniora pada Universitas Multimedia Nusantara (Kompas- Gramedia), Gading Serpong, Tangerang, Banten. Ia menekuni filsafat dan sastra dan menjalani sebagai panggilan hidupnya. Dalam bidang filsafat, ia berkonsentrasi pada studi/penelitian tentang filsafat manusia (antropologi filosofis). Sedangkan dalam bidang sastra, ia berkonsetrasi pada penulisan prosa dan puisi serta kajian tentang aspek filosofis dari sastra. Selanin mengajar, ia aktif sebagai kurator pada website Rumah Budaya, Bahasa dan Sastra www.floressastra.com dan menulis untuk jurnal-jurnal ilmiah dan media massa konvensional, seperti koran dan majalah.

Tulisan-tulisannya pernah dimuat antara lain di Koran Jawa Pos, Majalah HIDUP, Koran Sinar Harapan, Koran Flores Pos, Koran Jurnal Nasional, dan Koran Ekonomi  KONTAN. Tulisan-tulisan ilmiah pernah dimuat di Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Ultima Humaniora yang diterbitkan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Kebudayaan Missio yang diterbitkan oleh STKIP St. Paulus Ruteng. Buku-buku Ilmiah yang pernah ditulis antara lain, Pendidikan Nilai dan Religiositas (karya bersama) diterbitkan oleh UMN Pres, 2014 dan Pendidikan Religiosiatas (karya bersama) diterbitkan UMN Press, 2015), Religiositas, Agama, dan Budaya Nilai (karya bersama) diterbitkan Grasindo, 2010. karya sastra yang sudah terbit antara lain, Perjalanan Mengelilingi Kamar (Antologi Cerpen) dan Air Mata di Pucuk Daun (Antologi Puisi). Sekarang sedang menyiapkan penerbitan antologi cerpen berjudul Perempuan dan Secarik Kertas.[]

Publication2

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here