*) Tim Literasi Digital  Canva Indonesia

Literasi digital adalah bagian dari literasi media, ini mengacu pada kemampuan suatu individu untuk mencari, mengevaluasi, dan memproduksi juga mengkomunikasikan informasi dengan jelas melalui tulisan atau bentuk lain di berbagai platform digital.

Pengetahuan seseorang akan literasi digital akan bisa terlihat dari kemampuan tata bahasa, komputer, tulisan, mengetik di berbagai platform digital seperti media sosial atau blog.  Walau begitu, kini seiring perkembangan zaman, literasi digital juga merambah gadget lain seperti telepon pintar, tablet, dan laptop, tidak hanya komputer desktop.

Memang, dulu literasi digital hanya fokus pada kemampuan digital dalam penggunaan komputer saja, tapi kini semua sudah bergeser menjadi beragam perangkat jaringan termasuk penggunaan Internet dan media sosial.

Kini, banyak orang menggunakan media digital untuk berbagai aktivitas: menjelajah, berkoneksi, memproduksi, dan bahkan belajar. Maka tidak heran bila kini ada banyak orang yang menggunakannya untuk mencari dan membuat informasi. Hanya saja, membaca tulisan di perangkat elektronik disebut-sebut membuat fisik cepat lelah; tidak seperti membaca buku.

Padahal, buku sendiri masih sangat penting untuk dibaca. Karenanya, perlu kiat khusus untuk mengajak banyak orang untuk mau membaca karya sastra. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat.

Kutipan Buku dalam Bentuk Lain

Salah satu cara menarik banyak orang untuk membaca adalah dengan memberikan gambaran akan suatu buku. Layaknya trailer dalam film, kutipan akan bisa menambah rasa penasaran dari buku. Tapi, jangan asal memberikan kutipan di media sosial atau platform digital lain. Karena, semuanya harus dibuat dengan menarik.

Cara paling mudah adalah dengan membuat suatu desain grafis poster berisikan kutipan menarik dari buku tersebut. Kita juga bisa memanfaatkan platform desain gratis berbasis website yang mudah digunakan untuk membuatnya.

Membuat Kelas atau Komunitas Literasi Digital

Kita perlu membuat komunitas literasi digital dan mengajak banyak orang untuk mengikutinya. Dengan begitu, perkembangan pengetahuan banyak orang tentang literasi digital akan semakin baik. Misalnya dengan membuat klub-klub kecil yang bertemu seminggu sekali dengan cara mengumumkannya di media sosial. Kita hanya perlu membuat poster untuk mengumumkannya melalui media sosial. Setiap kesempatannya, ajak mayarakat untuk membaca buku yang akan dibahas di pertemuan, sehingga saat pertemuan tersebut, sudah banyak orang yang membaca buku yang dimaksud dan diskusi menjadi lebih menarik.

Membuat Poster Motivasi Membaca

Kata-kata motivasi sangat mungkin untuk mengajak banyak orang untuk membaca. Jadi, tidak hanya menarik banyak orang untuk membaca lewat kutipan sebuah buku, tapi juga dari pengalaman orang-orang untuk menyadari bahwa dengan membaca bisa membuka jendela dunia. Kutipan ini sebaiknya merupakan kutipan yang diucapkan oleh tokoh-tokoh ternama. Beragam kutipan ini bisa dicari di Internet, atau dari berbagai buku yang ada.

Menyebarkannya Lewat Internet

Bagaimana pun juga, literasi digital sangat penting. Terutama untuk meningkatkan minat baca dan juga pengetahuan akan informasi di Internet. Maka dari itu, kita juga perlu menyebarkannya lewat Internet. Ada banyak kanal yang bisa digunakan untuk menyebarkan dan meningkatkan literasi digital di Internet. Misalnya dengan menulis atau membuat konten berbagai di blog, website, situs berita ternama dan kredibel, dan terutama media sosial; tempat di mana banyak orang menggunakannya sehari-hari.

Dengan semakin masifnya gelombang informasi yang ada di dunia digital, baik yang kredibel maupun yang hoax, kita perlu membekali diri dengan literasi digital yang baik sehingga kita tidak mudah percaya akan informasi yang tidak benar.***


Tim Literasi Digital Canva Indonesia.  Canva adalah sebuah aplikasi desain grafis online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here