Sabtu, Juli 22, 2017

Floressastra.com adalah rumah digital bagi para pegiat sastra (sastrawan) dari, oleh dan untuk kepulauan Flores Nusa Tenggara Timur yang meliputi pulau Flores, Lembata, Adonara dan Solor, Lomblen, Pantar dan Alor.

Floresastra.com pertama kali didirikan pada 28 Agustus 2015 oleh Kris da Somerpes, pegiat sastra pada Komunitas Kopi Sastra Labuan Bajo. Selanjutnya pada 14 November 2015 Kris mengajak para penulis dan penyair yang lain untuk bergabung, di antaranya penulis dan penyair Alexander Aur Apelaby dan seorang pegiat publikasi dan penerbitan, Paskalis Bataona.

Munculnya Floressastra.com berangkat dari kealpaan ruang digital yang secara khusus menjadi wadah bagi para penulis dan pegiat sastra di kepulauan Flores. Oleh karenanya floressastra.com meniatkan diri untuk menyediakan, mengelola dan menghidupi media sastra itu.

Namun, sebagai rumah sekaligus media belajar bersama, floressastra.com tidak menutup diri bagi para pegiat sastra yang lain. Siapa pun bisa menjadi bagian dari rumah digital ini. Karena floressastra.com percaya bahwa semakin banyak pihak yang terlibat, maka sastra tidak hanya mampu menempatkan peradaban pada tempat yang bermartabat, tetapi juga mencerdaskan kehidupan keseharian kita sebagai Indonesia.

Untuk tujuan di atas, floressastra.com membuka diri seluas-luasnya untuk dijadikan sebagai ruang ekspresi, eksplorasi sekaligus ruang belajar dan interaksi intelektual antar pecinta sastra.

Sebelum mengirimkan naskah sastra, apa pun bentuknya, terlebih dahulu para sahabat sastra harus memahami persayratan dan ketentuan yang kami tetapkan berikut ini.

  1. Flores Sastra tidak digunakan untuk tujuan-tujuan yang melanggar hukum, norma, dan hak-hak asasi manusia.
  2. Siapa saja, secra khusus para penikmat sastra di dan atau atau yang memiliki perhatian terdahap pulau Flores Nusa Tenggara Timur dapat dan berhak mengirimkan naskah sastranya ke Flores Sastra.
  3. Setiap naskah dikirimkan ke email redaksi: floressastra@gmail.com disertai dengan biodata singkat. Setiap naskah yang dikirimkan akan dikurasi oleh redaksi kami.
  4. Materi/naskah yang ditulis/diterbitkan di dalam situs ini adalah hak milik penulis materi/naskah.
  5. Redaksi Flores Sastra dapat mencabut penerbitan dan/atau menghapus materi/naskah yang melanggar ketentuan kode etik jurnalistik dan norma-norma moral universal.
  6. Untuk kepentingan informasi, pendidikan dan pengembangan masyarakat sastra-budaya, siapa pun diperkenankan menyebarluaskan secara utuh materi/naskah yang disajikan situs ini dengan menyertakan nama penulis dan sumber rumah digital ini.
  7. Para penulis naskah diperkenankan memproduksi/mencetak materi/naskah/data yang disajikan di situs ini untuk kepentingan komersial/bisnis, sejauh naskah tersebut adalah miliknya.
  8. Materi yang disajikan situs ini, baik berupa berita/informasi, naskah, data, gambar, foto dan logo, diberikan “sebagaimana adanya”.
  9. Rumah digital ini tidak dapat memberikan jaminan atas mutu, kelengkapan, dan akurasi dari materi yang disajikan. Sebab setiap naskah disajikan memiliki pembacanya masing-masing. Juga pada saat yang sama rumah digital ini adalah juga rumah belajar bersama.
  10. Keaslian dan isi naskah/data/informasi yang disajikan di situs ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis/pengarang naskah tersebut. Flores Sastra tidak bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan dari penggunaan materi oleh pengguna situs.
  11. Flores Sastra tidak dapat memberikan jaminan bahwa semua materi/naskah serta sistem dan aplikasi yang digunakan dalam situs ini terbebas dari gangguan teknis, serangan virus, atau hal-hal lain yang menyebabkan situs ini tidak dapat diakses sebagian atau sepenuhnya, dan/atau menyebabkan berubah atau hilangnya materi/naskah yang Anda miliki.
  12. Ketentuan di atas dapat berubah sewaktu-waktu apabila diperlukan. Para sahabat sastra disarankan untuk memeriksa halaman ini secara berkala agar perubahannya dapat Anda ketahui.